Yogyakarta Kota Pelajar

Wisata Jogja, Wisata Jogja Alam, Wisata Jogja Terbaru, Wisata Jogja Baru, Wisata Jogja Hits, Wisata Jogja 2017, Wisata Jogja Kota, Wisata Jogja Gunung Kidul, Wisata Jogja Gunung Kidul Terbaru, Wisata Jogja Air, Wisata Jogja Asik
Wisata Jogja, Wisata Jogja Malam Hari, Wisata Jogja AlamYogyakarta ternyata tak hanya dikenal sebagai tempat wisata dan kota budaya saja. Provinsi yang diberi gelar Daerah Istimewa ini juga dikenal dengan istilah “Kota Pelajar”, mengapa bisa sampai disebut Kota Pelajar? sebab banyaknya tokoh-tokoh pendidikan Indonesia yang lahir dan tumbuh di kota ini sebut saja Ki Hajar Dewantoro, K.H. Ahmad Dahlan, Malik Fadjar, Anies Baswedan, dan masih banyak tokoh-tokoh pendidikan nasional lainnya yang tumbuh di Yogyakarta.
Sebutan Kota Pelajar juga diberikan karena memang di Yogyakarta terdapat banyak sekali kampus – kampus terkenal yang sudah banyak diketahui oleh seluruh warga Indonesia bukan dari namanya saja namun kualitas kampus tersebut juga sudah sangat mendunia.
Salah satu unversitas negeri yang sudah dikenal hingga ke berbagai dunia yaitu UGM (Universitas Gadjah Mada) merupakan Perguruan Tinggi Negara (PTN) tertua di Indonesia. Didirikan oleh presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno pada tanggal 19 Desember 1949. UGM merupakan universitas yang berperan sebagai pengemban Pancasila dan universitas pembina di Indonesia.  UGM terletak di Jalan Bulaksumur, Yogyakarta. Tak heran banyak orang mati-matian untuk bisa menempuh Pendidikan di Kampus Biru ini. 
Selanjutnya, UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) didirikan pada tanggal 21 Mei 1964.  UNY merupakan Universitas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta yang terletak di Jalan Colombo no.1. Berbeda dengan UGM, UNY lebih menjuru ke bidang keguruan yang mencetak lulusan yang kompeten dibindangnya. UNY dikabarkan siap menuju World Class University, karena pengajar atau para dosen disana minimal bergelar S2 (Magister), bahkan tak sedikit dosen yang sudah bergelar guru besar dan itu sudah tersebar merata disemua fakultas. 
Tak hanya universitas negeri saja yang sudah dikenal dengan lulusan yang berkompeten salah satunya adalah UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). UMY, terletak di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, sayangnya UMY terletak dipinggiran pusat kota Yogyakarta.   UMY didirikan oleh Prof. Dr. Kahar Muzaki pada tanggal 1 Maret 1981. UMY mengharapkan dapat menghasilkan lulusan berkompeten dibidangnya dan dapat memiliki integritas yang tinggi dalam moralitas yang islami.